4 Cara Agar Cepat Tidur pada Malam Hari dengan Nyenyak

Tidak dapat tidur pada malam hari atau biasa dikenal dengan istilah insomnia adalah hal yang biasa. Namun hal biasa ini akan sangat mengganggu dan dapat menyebabkan banyak masalah. Beberapa masalah yang disebabkan insomnia di antaranya adalah:

4 Cara Agar Cepat Tidur pada Malam Hari dengan Nyenyak

Bangun kesiangan

Penderita insomnia biasanya baru dapat tidur setelah jam 2 atau bahkan jam 4 pagi. Padahal tubuh manusia normalnya butuh tidur 5 jam sehari. Jika tidak ada yang membangunkan, penderita insomnia pasti akan bangun kesiangan, lalu telat masuk sekolah ataupun telat masuk kantor.

Rasa mengantuk di pagi hari

Setelah semalaman sulit atau bahkan tidak dapat tidur sama sekali, pagi hari akan dihadapi dengan rasa mengantuk yang begitu parah. Apalagi jika harus mengendarai kendaraan seperti mobil atau motor. Tentu akan sangat membahayakan.

Lelah

Selain mengantuk, insomnia akan menyebabkan rasa lelah dan kurang konsentrasi. Hal ini dapat mengganggu produktivitas kerja ataupun belajar.

Masalah kesehatan

Insomnia merupakan masalah kesehatan yang dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Masalah kesehatan yang dapat muncul di antaranya:

  • resiko jantung
  • resiko stress akut
  • paranoia
  • dan gangguan penglihatan

Mengatasi Insomnia

Oleh karena berbahayanya masalah insomnia ini, sangat penting bagi kita semua untuk tahu cara agar cepat tidur dengan nyenyak di malam hari. Beberapa cara yang dapat dilakukan di antaranya adalah :

1. Meminum segelas susu hangat sebelum tidur

Susu dapat merangsang tubuh untuk beristirahat dan tidur di malam hari. Selain itu, susu memiliki efek menenangkan dari stress dan rasa khawatir yang dapat menyebabkan munculnya insomnia.

2. Olahraga di sore hari

Berolahraga dapat menyehatkan tubuh. Selain itu, olahraga dapat merilekskan otot tubuh, melancarkan peredaran darah, dan menenangkan pikiran. Semua efek dari olahraga tersebut membantu tubuh untuk dapat tidur cepat dan nyenyak pada malam harinya.

3. Mengkonsumsi obat tidur

Obat tidur sangat ampuh dalam membantu tidur penderita insomnia. Namun harus diingat bahwa penggunaan obat tidur tidak boleh terlalu sering karena memiliki efek samping seperti :

Ketergantungan

Artinya, penderita insomnia mencapai tahap begitu kronis dimana penderita sama sekali tidak dapat tidur tanpa bantuan obat tidur.

Kecanduan

Artinya, penderita insomnia mengalami efek seperti gatal, pegal, dan haus jika tidak mengkonsumsi obat tidur.

Overdosis

Artinya, jumlah obat yang masuk dalam tubuh mencapai jumlah yang dapat diterima oleh tubuh. Efek dari overdosis diantaranya tidur berkepanjangan/tidak terkontrol, serangan jantung, bahkan kematian.

Namun efek-efek mengerikan tersebut pada dasarnya dapat dihindari karena banyak sekali obat tidur alami yang ampuh membantu untuk cepat tidur, namun tidak memiliki efek samping berlebihan.

Beberapa contoh obat tidur alami di antaranya adalah :

  • Daun putri malu
  • Bunga dan biji pala
  • Biji adas

Cara penggunaannya pun bermacam-macam tergantung kebutuhan. Obat tidur alami di atas dapat diseduh layaknya teh, atau dapat juga dicampurkan dalam olahan masakan.

4. Nyamankan tubuh anda

Salah satu penyebab susah tidur adalah suasana ruangan yang tidak nyaman. Ketidak-nyamanan ini dapat disebabkan hal-hal seperti :

  • ruangan yang bau
  • ruangan yang berisik
  • ruangan yang sempit dan kotor
  • kasur atau bantal yang keras atau tidak nyaman
  • stress memikirkan pekerjaan kantor

Untuk menyamankan tubuh, cara yang dapat dilakukan diantaranya adalah dengan mencari ruangan lain yang lebih nyaman. Untuk menghilangkan stress, dapat dicoba dengan menjauhkan lembaran tugas kantor, smartphone atau laptop dari jangkauan anda.

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik di malam hari. Semoga tidur anda dapat lebih nyaman dan nyenyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>