Cara Membuat Anak Cerdas Sejak dalam Kandungan

Memiliki anak yang sehat, cerdas, dan memiliki budi pekerti yang baik adalah dambaan semua orang. Oleh sebab itu tidaklah mengherankan melihat banyak para orang tua rela mengeluarkan uang yang begitu besar untuk biaya pendidikan anaknya. Namun banyak orang tua yang sepertinya lupa bahwa anak yang sehat, cerdas, dan berbudi pekerti harus dibentuk sejak dalam kandungan.

Cara Membuat Anak Cerdas Sejak dalam Kandungan

Bagaimana cara membuat anak cerdas, sehat, dan berbudi pekerti yang baik sejak dalam kandungan ?

Jawaban dari pertanyaan tersebut berupa 3 hal penting dalam menyambut kelahiran, yaitu :

  • Nutrisi
  • Stimulan
  • Kondisi ibu

Nutrisi

Nutrisi makanan yang dimakan oleh ibu juga akan diserap oleh bayi dalam kandungan. Oleh sebab itu, untuk menumbuhkembangkan perkembangan otak bayi, ibu harus mengkonsumsi nutrisi yang baik dan cukup.

Makanan-makanan yang harus dikonsumsi haruslah :

Mengandung Gizi dan Vitamin yang Cukup dan Seimbang

Makanan yang harus dikonsumsi meliputi :

  • Nasi
  • Sayur
  • Daging dan ikan
  • Buah-buahan
  • dan Susu

Mengapa makanan-makanan tersebut wajib dikonsumsi ?

Itu karena setidaknya ada 5 hal yang harus selalu diterima oleh bayi selama dalam kandungan yaitu protein, kalsium, vitamin lengkap, minyak ikan, dan DHA. Dan semua kandungan tersebut dapat diperoleh dari nasi, sayur, daging, ikan, buah, dan susu.

Konsumsi Makanan Alami dan Segar

Makanan yang alami dan segar akan sangat baik bagi kesehatan ibu dan tidak mengandung zat-zat buatan berbahaya seperti peptisida, maupun pupuk anorganik. Selain itu, makanan alami tidak mengandung natrium (seperti mecin dan cuka) yang diketahui berdasarkan penelitian dapat menurunkan kecerdasan pada bayi.

Stimulan

Tidak hanya nutrisi, bayi juga membutuhkan stimulan atau rangsangan agar perkembangan otaknya dapat tumbuh dengan baik. Stimulan tersebut meliputi hal-hal seperti :

Memutarkan Musik yang Menyejukkan

Musik diketahui dapat merangsang perkembangan otak tidak hanya orang dewasa dan anak-anak, namun juga bayi yang masih dalam kandungan.

Walaupun bayi belum dapat mengerti kehidupan luar, dan belum dapat mendengar, namun suara musik yang menyejukkan bagi ibu akan merangsang hormon pembentukan jaringan otak pada bayi dengan lebih baik.

Musik-musik yang menyejukkan dapat berupa lagu-lagu klasik, lagu-lagu rohani, maupun lagu-lagu pop riang yang menjadi favorit ibu.

Berikan Kehangatan Orang Tua

Orang tua memberikan pengaruh besar bagi perkembangan otak bayi sejak dalam kandungan. Tidak hanya ibu, ayah juga memiliki peran besar. Beberapa hal yang dapat dilakukan diantaranya adalah :

  • Tetap menjaga keharmonisan suami-istri
  • Mengelus dan memeluk perut
  • Mendoakan kesehatan ibu dan bayinya

Kondisi Ibu

Bagaimanapun juga, kondisi ibu adalah penentu utama kesehatan, kecerdasan, dan budi pekerti seorang anak. Maka dari itu, kesehatan fisik, dan jiwa seorang ibu harus selalu diperhatikan dengan baik. Oleh karenanya, sang ibu haruslah :

Mendapatkan nutrisi yang cukup

Oleh sebab itu, ibu yang sedang mengandung disarankan untuk tidak melakukan diet.

Menjauhkan diri dari stress

Stress dapat merangsang hormon-hormon yang menghambat perkembangan janin. Oleh sebab itu, jauhkan diri dari stress dengan tidak mengambil tugas kantor atau pekerjaan rumah terlalu banyak, dan selalu memandang segala sesuatu dengan lebih positif.

Tidak terlibat dari aktivitas-aktivitas berat

Aktivitas-aktivitas berat ini meliputi sesuatu yang dapat membuat seorang ibu stress, terlalu lelah, ataupun begadang. Selain dapat menyebabkan resiko penurunan kesehatan ibu sehingga turut menghambat kesehatan bayi, aktivitas-aktivitas tersebut juga dapat berpotensi menyebabkan kelahiran prematur dan resiko keguguran.

Itulah cara-cara untuk memastikan anak dalam kandungan lebih cerdas, sehat, dan akan memiliki budi pekerti yang baik. Namun apapun kondisi seorang anak, dia adalah anugrah dan titipan TUHAN yang harus disyukuri, dirawat, dan dijaga dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>