Cara Mengurangi Mata Minus dengan Cepat dan Mudah

Mata minus atau miopi adalah gangguan mata yang kini banyak dijumpai. Hal ini tidak mengherankan mengingat banyak sekali kegiatan yang harus berhadapan dengan komputer, gadget, ataupun membaca buku dalam waktu yang lama. Selain itu, beberapa hal seperti faktor keturunan, kelainan mata, maupun kecelakaan turut menambah jumlah penderita mata minus.

Cara Mengurangi Mata Minus dengan Cepat dan Mudah

Jika sudah mengalami mata minus, cara terbaik, termudah, dan tercepat untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan kacamata. Namun hal tersebut tidak akan mengurangi ataupun menyembuhkan mata minus.

Jadi bagaimana cara mengurangi mata minus dengan cepat dan mudah ?

Beberapa cara mengurangi mata minus secara cepat yang dapat dilakukan di antaranya adalah :

Operasi LASIK

Merupakan prosedur operasi untuk mengembalikan kelenturan lensa mata sehingga dapat kembali berfungsi dengan normal.

Kelebihan prosedur ini adalah dapat mengatasi mata minus dengan cepat.

Kekurangan dari operasi LASIK adalah biayanya yang cukup besar. Selain biaya, resiko prosedur LASIK cukup mengerikan yaitu resiko kebutaan permanen. LASIK juga memiliki kekurangan berupa mata mudah kembali mengalami miopi jika terlalu lelah di depan komputer.

Terapi atau Olahraga Mata

Terapi mata adalah salah satu cara mengurangi mata minus dengan cepat dan mudah. Namun tingkat keberhasilannya harus ditingkatkan dengan pemberian vitamin mata. Beberapa langkah yang termasuk terapi mata di antaranya adalah :

Melepas Kacamata

Melepas kacamata dan membiasakan melihat tanpa kacamata cukup membantu untuk mengembalikan kekuatan otot mata, dan kelenturan lensa mata. Namun perlu diingat, melepas kacamata tidak boleh terlalu lama atau dengan kata lain, jangan melepas kacamata hingga mata merasa lelah.

Jika mata sudah lelah, kembali menggunakan kacamata.

Melihat Benda-benda Bergerak

Kelenturan lensa mata dan otot mata juga dapat dinormalkan dengan cara melihat benda-benda bergerak atau benda yang maju mundur.

Terapi inipun jangan dilakukan terlalu lama. Jika mata sudah mulai terasa lelah, segera berhenti dan istirahatkan mata.

Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin A

Vitamin A sudah sejak lama dikenal mampu menjaga kesehatan mata. Selain itu, vitamin A juga mempengaruhi pertumbuhan lensa mata dan otot mata agar lebih kuat dan berfungsi lebih normal.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin A di antaranya adalah :

  • sayur-sayuran hijau (bayam, sawi, dan kangkung)
  • buah dan sayuran berwarna merah (apel, tomat, wortel)

Istirahatkan Mata

Salah satu penyebab mata minus adalah kelelahan akibat terlalu lama membaca atau melihat komputer. Untuk itu, sangat disarankan untuk memejamkan mata selama 1-2 menit setiap 15 menit melihat layar komputer. Ini untuk mencegah mata mengalami kelelahan yang dapat menyebabkan kendornya otot mata.

Cara lain untuk mengistirahatkan mata adalah dengan mencuci wajah dan mata dengan air bersih. Kesegaran yang dihasilkan akan membantu otot mata untuk lebih rileks.
Sangat disarankan untuk menggunakan air yang benar-benar bersih agar tidak ada kotoran yang justru masuk ke mata.

Hindari Perilaku yang dapat Memperparah Kondisi Mata

Pada dasarnya mata dapat memperbaiki dirinya sendiri. Namun perbaikan tersebut memerlukan waktu. Oleh karenanya, selama masa penyembuhan mata harus dijaga dengan cara menghindari perilaku buruk seperti :

  • Menonton TV terlalu dekat dan ataupun terlalu lama
  • Menatap layar smartphone ataupun komputer terlalu lama
  • Membaca buku di tempat dengan penerangan yang kurang
  • Berada di tempat yang memiliki banyak polusi udara (asap dan debu)

Itulah beberapa cara yang cepat dan mudah untuk mengurangi mata minus. Walaupun hanya mengurangi tingkat keminusan, namun jika dilakukan dengan teratur niscaya mata akan kembali normal.

Semoga artikel ini dapat membantu anda yang sedang mencari informasi dan referensi pengobatan mata minus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>