Tips Mengatasi Haid Tidak Teratur Secara Alami

Haid atau menstruasi yang tidak teratur seringkali menjadi masalah besar bagi kaum hawa. Siklus haid yang tidak lancar memang tidak boleh diabaikan karena bisa mengindikasi suatu gangguan penyakit. Tapi beberapa wanita justru mengabaikan hal ini karena dianggap sepele. Mengatasi haid tidak lancar bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan sekitar. Tapi selain itu juga harus memperhatikan beberapa hal yang menyebabkan haid tidak lancar.

Tips Mengatasi Haid Tidak Teratur Secara Alami

Penyebab Haid Tidak Lancar

1. Terlalu Banyak Pikiran.

Walaupun ini sangat sepele, tapi stres yang dialami seorang wanita sangat berpengaruh pada siklus menstruasi.

2. Berat Badan Yang Tidak Proporsional.

Terlalu kurus atau gemuk memang menjadi penyebab menstruasi yang tidak lancar. Sebaiknya usahakan agar memiliki berat badan yang ideal supaya lebih sehat.

3. Mendekati Masa Menopause.

Menopause atau proses berhentinya menstruasi biasanya dialami oleh wanita berusia 40-45 tahun. Ini juga akan mengganggu siklus menstruasi.

4. Penyakit.

Tidak teraturnya haid bisa menjadi tanda munculnya penyakit. Untuk itu, jangan abaikan jika Anda selalu mengalami masalah terlambat datang bulan.

Haid tidak lancar bisa diatasi dengan cara yang mudah. Anda yang sering mengalami haid tidak teratur sebaiknya tidak perlu menggunakan obat pelancar haid. Karena obat-obatan memang tidak semuanya aman. Salah memilih obat pelancar haid hanya akan membuatnya semakin parah. Nah…jika Anda ingin lebih aman dalam mengatasi haid tidak teratur, sebaiknya ikuti tips berikut.

Tips Mengatasi haid Tidak Teratur

1. Konsumsi Wortel.

Tak hanya kaya akan vitamin A, wortel ternyata dapat membantu mengatasi haid yang tidak teratur. Kandungan zat besi yang terdapat pada wortel mampu meningkatkan kinerja hormon agar lebih normal sehingga menjauhkan masalah haid yang tidak teratur. Anda cukup mengonsumsi jus wortel setiap hari dan lihat hasilnya.

2. Minum Cuka Sari Apel.

Anda yang memilki masalah haid tidak teratur sebaiknya rutin minum cuka sari apel. Tak hanya membantu meringankan nyeri datang bulan, cuka sari apel juga mampu menyeimbangkan insulin dan gula darah agar menstruasi lancar.

3. Makan Pepaya.

Pepaya sangat efektif membantu melancarkan siklus haid yang tidak teratur. Anda bisa mengonsumsi pepaya mentah yang akan diolah menjadi sayuran atau langsung mengonsumsi pepaya matang secara teratur. Kandungan yang terdapat pada pepaya dapat membatu kontraksi otot sehingga bisa merangsang siklus menstruasi.

4. Asam Jawa.

Asam jawa sangat baik untuk mengatasi masalah datang bulan. Selain meredakan nyeri saat menstruasi, asam jawa juga merupakan ramuan alami untuk melancarkan datang bulan. Asam jawa kini juga diolah menjadi minuman dengan kemasan praktis sehingga mudah untuk didapatkan.

5. Teh Hijau.

Teh hijau seringkali menjadi campuran obat herbal karena memiliki kandungan yang aman untuk kesehatan. Begitu pula dalam mengatasi haid tidak lancar. Minumlah teh hijau secara teratur agar dapat melancarkan aliran darah sehingga siklus menstruasi lebih teratur.

6. Jeruk Nipis dan Madu.

Khasiat jeruk nipis memang banyak dimanfaatkan untuk pengobatan secara alami, salah satunya untuk mengatasi gangguan menstruasi. Tentunya buah ini dapat didapatkan dengan mudah bukan? Cara pemakaiannya sangat mudah, ambil satu buah jeruk nipis, potong menjadi dua bagian dan ambil airnya. Kemudian campurkan dengan 1 sendok madu alami. Tambahkan air hangat dan aduk hingga merata, minumlah ramuan tersebut secara teratur agar haid lancar.

7. Yoga.

Olahraga yang satu ini ternyata efektif untuk melancarkan haid. Salah satu gerakan yoga diyakini dapat membantu melancarkan siklus menstruasi sekaligus menghilangkan rasa nyeri saat datang bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>